Sabtu, 25 Juli 2009

KEBENCIAN DAN TOMAT YANG BUSUK



Seorang guru berkata pada 3 muridnya bahawa kebencian itu akan menghantui perasaan orang yang menyimpan kebencian itu sendiri.

Selanjutnya sang guru bertanya pada 3 murid tersebut “ Adakah dari kalian membenci orang disekitar kalian?”
Salah seorang muri menjawab “ saya membenci 3 orang”
Adapula yang menjawab hanya satu
Dan yang terakhir menjawab “ Saya membenci sepuluh orang’

Tak lama kemudian sang guru masuk kedalam rumah dan mengambil empat belas buah tomat dan meminta kepada tiga muridnya untuk menyimpan tomat tersebut sesuai dengan jumlah orang yang mereka benci dan menyimpannya di dalam kantung saku mereka. Salah satu murid bertanya “seberapa lamakah saya menyimpan buah-buah tomat ini dalam kantong saku saya wahai guruku?’, “Selama mungkin, sama dengan lamanya kalian menyimpan kebencian pada orang yang kalian benci!” jawab sang guru.

Namun setelah satu pekan mereka menyimpan buah tomat dalam kantung tersebut mereka merasa berat dengan beban yang ada dalam kantong, dan bau yang timbul dari buah tersebut subah tak sedap bahkan banyak belatung yang keluar dari tomat tersebut.

Akhirnya murid-murid tersebut kembali pada sang guru dan mempertanyakan maksud dari itu semua, Kemudian sang guru menjawab “ wahai murid-muridku bahwasanya menyimpan kebencian dan dendam itu sama halnya dengan membawa beban dan menyimpan kebusukan dalam diri kita sendiri, yang akhirnya akan merugikan kita sendiri”. “sekarang hilangkanlah kebencian yang ada dalam diri kalian bersamaan dengan membuang tomat yang ada dalam kantong kalian”.

0 komentar:

Posting Komentar